PADANG – Bengkel Toyota Intercom di Jalan Purus II nomor 8 Padang mulai bersolek. Pelayanan oke, fasilitas nyaman.

“Terhitung Januari 2016, kami mulai melayani pelanggan di bengkel baru, yang terletak di Jalan Purus II nomor 8 Padang. Tentunya, dengan bengkel baru, fasilitas jauh lebih baik dan total karyawan bengkel, 50 orang,” ucap Branch Manager Toyota Intercom, Tjen Imanuel kepada Singgalang .

Lebih lanjut dikatakanya, jika dulu Toyota Intercom hanya punya 11 unit stasiun operasional bengkel (stall) setiap harinya, sekarang sudah ada 17 unit. Tiga diantaranya, stall ekspress maintenence . Dimana, pengerjaan satu unit mobil relatif lebih cepat dan membutuhkan waktu sejam. Melalui layanan ini, pelanggan bisa merasa lebih nyaman dengan waktu lebih efisien dan tetap memiliki kualitas servis yang mengacu pada standar Toyota.

“Syarat perbaikan cepat, pelanggan harus booking terlebih dulu. Mobil yang akan diservis tersebut tidak memiliki kendala yang berat dan hanya pemeliharaan rutin saja,” jelasnya.

Dalam sehari, Toyota Intercom Padang menerima 60 unit mobil yang akan diservis. Pengerjaannya dilakukan 19 teknisi berkompenten yang lulus uji keterampilan dari Toyota Astra Motor.

Untuk melakukan servis kendaraannya, kata Tjen Imanuel, para pelanggan bisa membooking terlebih dahulu ataupun datang langsung ke bengkel Toyota Intercom.

“Dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan, kami punya program service smile . Setiap pelanggan kami ingatkan jadwal perbaikan mobilnya. Melalui sistem pengingat (reminder system) kami mencatat angka kilometernya. Apabila, sudah waktunya servis, biasanya kami menelfon pelanggan untuk tidak lupa membawa mobil kesayangannya ke bengkel,” kata Tjen Imanuel didampingi, Kepala Bengkel, Dolly Andriadi Siregar.

Setelah mobilnya diservis, petugas bengkel langsung membawanya untuk ke ruang cuci. “Kalau untuk pencucian mobil itu gratis, karena sudah termasuk dalam fasilitas pelayanan kami kepada pelanggan,” jelasnya.

Terkait harga satu kali servis, kata Tjen Imanuel standar. Ada pembayaran jasa dan beli spare part . Nominalnya tergantung, kerusakan dan jenis mobil itu sendiri. Jikalau mereka cuma jasa servis mobil mungkin harganya tidak seberapa.

“Demi kepuasan pelanggan, kami punya program gratis dua liter oli sintetik bagi pelanggan yang menservis mobilnya diatas 50 ribu kilometer. Selain itu, diskon 20 persen jasa untuk booking ser vis. Menariknya, dalam  seminggu, pada hari-hari tertentu, kami memberikan diskon 25 persen. Syaratnya, booking harus di atas pukul 13.00,” jelasnya.

Selain fasilitas bengkel yang canggih dan harga servis bertabur diskon, Toyota Intercom pun menyedikan ruang tunggu yang cukup nyaman kepada pelanggan.

“Di atas lahan bengkel berukuran 3.000 meter itu, kami menyediakan fasilitas makan dan minum sepuasnya. Untuk ruang tunggu ada dua jenis, indoor dan outdoor . Ruang tunggu indoor dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC), sedangkan ruang tunggu outdoor tidak mengunakan AC, karena memang di desain bagi pelanggan yang perokok. Mereka bisa merokok di ruangan tersebut sambil menikmati pemandangan ke laut dari atas gedung,” katanya.

Menakjubkan bukan. Demi memanjakan pelanggannya, Toyota Intercom terus berinovasi. “Tahun depan kami berencana menyediakan ruang istrahat. Di sana akan disediakan delapan tempat tidur, untuk para pelanggan dari luar daerah yang ingin istirahat. Artinya, pelanggan kami yang datang dari luar kota Padang bisa istirahat di ruangan ini,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyedia pijat refleksi. Jadi, pelanggan yang menunggu kendaraannya di service bisa mendapatkan jasa ini dengan gratis.

“Kenyamanan fasilitas dan pelayanan yang baik ini juga diterapkan di tiga outlet service Intercom lainnya yang tersebar di Sumbar. Ketiga outlet servis terdapat di Payakumbuh, Dharmasraya dan Pasaman Barat,” katanya.

Dia berharap, kedepannya bisa menjadikan Intercom lebih baik dan bisa menampung seluruh kritik dan saran seluruh pelanggan. “Kita akan tampung seluruh kritik dan saran seluruh pelanggan demi kemajuan Intercom sendiri,” tutupnya.

Apabila pelanggan merasa kurang puas, bisa menuliskannya di papan keluhan, ‘Katanya Pelanggan’ yang telah disediakan. Sementara itu, salah satu pelanggan, Afdianto mengatakan merasa nyaman dengan fasilitas yang disedikan Toyota Intercom. “Kalau tidak nyaman, mana mungkin saya sampai delapan tahun mempercayai bengkel ini untuk menyervis mobil saya,” katanya.

Menurutnya, Toyota Intercom dari tahun ke tahun terus berinovasi ke arah yang lebih baik. “Mulai dari pelayanan hingga harga servis yang banyak diskon,” kata Afdianto yang memperoleh setangkai bunga dan coklat ketika melakukan servis, Sabtu (3/9).

Ternyata, Toyota Intercom sedang merayakan hari konsumen yang jatuh setiap 4 September. “Pokoknya mantap deh. Pelayanannya oke, fasilitas nyaman,” kata Afdianto. (Lenggogeni)

source