Warna kusam serta kekuning-kuningan bisa menjadi masalah yang sering muncul ketika mobil terus terkena air hujan.

Air hujan yang tentunya mengandung asam juga berpotensi untuk merusak komponen mobil hingga menghilangkan kilaunya. Mobil Toyota kesayangan Anda pun jadi kurang sedap dipandang. Salah satu cara mencegah efek buruk ini adalah dengan mencuci mobil setelah terkena air hujan. Jangan sampai malas bahkan menunda perawatan mencuci mobil ini ya. Meskipun cuman tertunda satu hari saja, bakteri karat sudah bisa muncul di bagian mobil yang luka. 

Hal inilah yang kemudian bisa menimbulkan adanya jamur pada seluruh bagian mobil Toyota Anda.

Anda pun juga harus waspada ketika mencuci mobil, usahakan mencuci mobil dengan menggunakan sampo khusus mobil dengan tingkat pH rendah. 
Lalu, bilas hingga bersih dan kemudian keringkan. Jangan lupa untuk mencuci bagian dalam dari sepatbor dan kolong mobil.

Selain itu, disarankan untuk rutin memperhatikan setiap detail kondisi cat mobil usai diguyur hujan. Tak perlu mencuci mobil setiap hari, cukup bilas dengan air bersih.
Kemudian, untuk menambah perlindungan pada cat dan bodi, siapkan elemen pemoles seperti wax/coating yang dapat dibeli di toko-toko aksesoris mobil.
Wax ataupun coating merupakan salah satu komponen pelindung cat mobil dari baret, paparan sinar UV, mengkilapkan, dan memberikan efek daun talas, di mana air akan langsung turun dan tidak menempel di bodi mobil.
Jika mencuci mobil hanya membutuhkan beberapa waktu saja, Anda perlu waktu yang lebih lama untuk mengerjakan waxing ini. Hal ini karena akan dibutuhkan ketelitian dalam proses pengerjaannya.

Akan lebih baik jika proses pengerjaanya dilakukan ketika cuaca sedang sejuk dan mobil diusahakan untuk tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
Selain itu, penting juga untuk memastikan kondisi bodi mobil sudah kering dari unsur air saat Anda akan menggunakan wax.
 

Gunakan kain chamois/kanebo untuk menyerap sisa-sisa air tadi di body mobil Anda.Jika sudah memastikan kondisi mobil kering, mulai oleskan wax/coating. 
Gunakanlah wax/coating oles karena lebih tahan lama dibandingkan yang jenis gel.
Oleskan wax/coating dengan spons pada satu area kemudian ratakan dengan kain microfiber.
 
Selalu cermat dan teliti dalam melakukan pemolesan menjadi nilai tambah bagi Anda.
 Pastikan seluruh permukaan mobil rata anda poleskan dengan elemen tersebut. Lapisan wax/coating ini juga membuat bodi mobil lebih mudah dibersihkan dan mendapatkan kilau yang diinginkan.

Lakukan polesan dua minggu sekali atau sebulan sekali. Tergantung intensitas seberapa sering mobil Anda terguyur hujan.